Kabar Baik Dari FIFA Untuk Duo Madrid

Kabar Baik Dari FIFA Untuk Duo MadridKabar Baik Dari FIFA Untuk Duo Madrid – Baru-baru ini, publik sepak bola Spanyol dihebohkan sanksi yang dikeluarkan FIFA menuyusul pelanggaran peraturan transfer pemain muda yang dilakukan kedua klub besar Spanyol, Atletico Madrid dan Real Madrid.  Duo Madrid itu dihukum tidak boleh melakukan transfer pemain selama 2 periode transfer ke depan. Itu artinya, keduanya harus puasa transfer pemain dalam setahun ke depan. Namun, keputusan tersebut baru saja ditangguhkan setelah keduanya mangajukan banding.

Kabar Baik Dari FIFA Untuk Duo Madrid

Kasus pelanggaran aturan main transfer pemain muda yang dilakukan duo Madrid itu disinyalir terjadi sejak 10 tahun terakhir. Los Colchoneros (julukan Atletico) dicurigai telah melakukan pelanggaran tersebut sejak tahun 2007-2014. Sementara, Los Blancos disinyalir melakukan pelanggaran transfer usia pemain muda lebih lama lagi yakni dari 2004-2014.

Dalam situs resminya, FIFA menyebutkan bahwa saat ini tim yang dibentuk tengah menelusuri tingkat kevalidan pelanggaran yang dilakukan tersebut. Jika hasil penyidikan tidak menunjukkan bukti kuat pelanggaran hingga 1 Juli nanti, maka bisa dipastikan kedua tim tersebut akan terbebas dari sanksi. Namun bila hal sebaliknya terjadi, maka duo Madrid ini akan mengikuti jejak Barcelona yang harus ‘menunggu’ untuk memainkan Ardan Turan dan Aleix Vidal hingga batas waktu sanksi selesai. Bukan itu saja, denda sebesar Rp 4,9 miliar akan ditanggung oleh duo Madrid itu.

Bila Terbukti, Ini Yang Akan Dihadapi Duo Madrid

Bila penelusuran yang tengah dilakukan FIFA ternyata membenarkan adanya pelanggaran aturan transfer yang dilakukan kedua klub, maka beberapa hal berikut tidak boleh dilakukan El Real dan Los Colchoneros.

  1. Tidak boleh melakukan rekrutmen pemain baru

Duo Madrid baru diperbolehkan lagi berbelanja pemain setelah 31 Januari 2016 nanti.

  1. Tidak boleh melakukan rekrutmen pemain untuk dipinjamkan kembali

Bila hal itu dilakukan, FIFA akan menganggap duo Madrid telah melakukan penipuan.

  1. Peminjaman pemain

Duo Madrid juga tidak diizinkan melakukan peminjaman pemain. Yang hanya boleh dilakukan adalah memulangkan pemain yang mereka miliki dari klub lain. Beberapa pemain Madrid yang tengah dipinjamkan seperti: Fabio Coentrao (AS Monaco), Marco Asensio (Espanyol), Lucas Silva (Marseile), dan Diego Liorente (Rayo Valecano). Sedangkan para pemain Atletico yang sedang di luar kandang adalah Leo Baptista (Villareal), Javi Manquillo (Marseile), Silvio (Benfica) serta Guilavagui (Wolfsburg).

  1. Tim cadangan kedua tim tidak diperbolehkan melakukan rekrutmen pemain baru.

Selain beberapa larangan tersebut, duo Madrid juga akan menjalankan beberapa peraturan yang masih diperbolehkan FIFA selama sanksi diberlakukan. Beberapa hal yang diperbolehkan adalah sebagai berikut.

  1. Penjualan pemain
  2. Pembaruan kontrak
  3. Pergantian pelatih (sebab pelatih dianggap bukan pemain)
  4. Promosi tim cadangan ke tim utama
  5. Khusus untuk Atletico, kepemilikan Fernando Torres harus dipermanenkan sekarang juga. Sebab, saat ini statusnya di Atletico adalah sebagai pemain pinjaman dari AC Milan. Torres dipinjam hingga 30 Juni 2016.
  6. Bagian lain dari tim sepak bola kedua tim seperti tim sepak bola wanitanya, terbebas dari sanksi.

Respon Madrid

Menanggapi sanksi yang akan dikeluarkan FIFA, Florentino Perez menyatakan bahwa sanksi tersebut melukai rasa keadilan Madrid. Presiden El Real itu menyatakan bahwa kejadian itu sangat serius dan mencoreng nama besar Madrid. Perez meyakini bahwa FIFA telah keliru dalam hal ini. Perez menekankan bahwa selama ini, dalam urusan sepak bola, Madrid justru selalu memperhatikan perkembangan anak-anak di seluruh dunia.

Meskipun hingga akhir Januari nanti, Madrid masih punya kesempatan untuk melakukan transfer, namun Perez menyebutkan bahwa skuad Real Madrid saat ini sudah lengkap untuk menyelesaikan kompetisi musim ini. Perihal tidak akan melakukan transfer pemain tersebut, Perez menyebutkan bahwa itu adalah bagian dari kebijakan klub sejak awal musim, dan tidak ada sangkut pautnya dengan sanksi FIFA.

Wenger Angkat Bicara

Menyimak perkembangan terkini kasus duo Madrid, pelatih kawakan Arsenal, Arsene Wenger angkat bicara. Menurutnya, FIFA akan mencabut hukuman itu. Wenger sudah menebak bahwa sesaat setelah hukuman itu diberikan, Madrid akan langsung melakukan banding. Sebagai hasilnya, Madrid tetap akan diperbolehkan melakukan pembelian pemain. Menurut Wenger, Madrid perlu melakukan pembelian pemain saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *